BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknlogi dalam kehidupan
manusia ,yang merujuk pada inovasi inovasi besar dalam berbagai bidang, tidak
terkecuali termasuk dalam pendidikan. Pendidikan merupakan usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya. Selanjutnya, dalam proses pembelajaran, memerlukan beberapa
komponen pendukung agar suasana belajar
mengajar bisa mencapai pembelajaran yang efektif. Pembelajaran harus mampu
menciptakan suasana yang kondusif yang lebih bisa menyeimbangkan usaha, proses
serta hasil dalam berkaitan dengan siswa, lingkungan belajar serta lingkugan
sekolah. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan kami bahas tentang hal hal yang terkait dengan pembelajaran
efektif dengan memfungsikan media pembelajaran. Media pembelajaran yang
merupakan salah satu komponen yang bisa menunjang keberhasilan belajar yang
efektif.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian pembelajran efektif?
2. Apa pengertian media pembelajaran?
3. Bagaimana pembelajaran efektif dengan memfungsikan media
pembelajaran?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pembelajaran Efektif
Sebelum mempelajari pembelajaran efekif, terlebih dahulu
kita pelajari pengertian dari efektif. Efektif berasal dari bahasa Inggris
yaitu kata ”effective” yang dapat diartikan mempunyai efek (akibat, pengaruh,
kesan) atau dapat pula diartikan membawa hasil, berhasil guna. Selain itu
efektif tidak hanya diorientasikan pada hasil tetapi juga proses yang ada dalam
mencapai tujuan.[1]
Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran efektif adalah
pembelajaran yang berorientasi pada program pembelajaran berkenaan dengan usaha
mempengaruhi, memberi efek, yang dapat membawa hasil sesuai dengan tujuan maupun proses yang ada
di dalam pembelajaran itu sendiri.
Pembelajaran dikatakan efektif apabila dalam proses
pembelajaran setiap elemen, berfungsi secara keseluruhan, peserta merasa
tenang, puas dengan hasil pembelajaran, membawa kesan, sarana dan prasarana
yang memadai serta materi, metode dan media yang sesuai serta guru yang
professional.
Juga keberhasilan proses pembelajaran banyak tertumpu pada
sikap dan cara belajar siswa, baik perorangan maupun kelompok, selain itu,
tersedianya sumber belajar dengan memanfaatkan media pembelajaran dengan tepat
merupakan factor pendorong dan pemeliharaan kegiatan belajar siswa yang
produktif, efektif dan efisien.[2]
Pembelajaran efektif mencakup 4 dimensi:
1. Konteks
Merupakan situasi/latar belakang yang mempengaruhi tujuan
dan strategi yang dikembangkan.misalnya berupa kebijakan departemen, sasaraan
yang ingin dicapai oleh unit kerja dsb.
2. Masukan
(input)
Mencakup bahan, peralatan dan fasilitas yang disiapkan untuk
keperluan program. Misalnya dokumen, kurikulum, staf pengajar, media
pembelajaran dsb.
3. Proses
Merupakan
pelaksanaan yang nyata dari program pendidikan di kelas/lapangan.
4.
Hasil/product
Merupakan hasil keseluruhan yang dicapai oleh program.
Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa.
Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan tentang
pengertian dari pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang berorientasi pada
program pembelajaran berkenaan dengan usaha mempengaruhi, memberi efek yang
dapat membawa hasil sesuai dengan tujuan
maupun proses yang ada di dalam pembelajaran itu sendiri.
Adapun dimensi dari pembelajaran efektif adalah:
1. Konteks
2. Masukan (input)
3. Proses
4. Hasil
(product)
B. Pengertian
Media Pembelajaran
Media berasal dari bahasa latin yakni ” medius” yang secara
harfiahnya berarti tengah tengah, pengantar atau perantara. Dalam bahasa arab
diartikan ”wasail”, jamak dari “wasilah” yakni sinonim al wasath, yang berarti
tengah tengah juga, berada di 2 sisi, karena posisinya ditengah, maka maka ia disebut pengantar atau penghubung
dari 1 sisi ke sisi lainnya.[3]
Gerlach dan Ely (1980:244)menyatakan bahwa media adalah
orang, bahan, peralatan atau kegiatan yang menciptakan kondisi yang memungkinkin siswa memperoleh
pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
Sehingga dapat disimpulkan pengertian media pembelajaran
adalah segala sesuatu yang dapat
menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber, baik berupa orang, bahan,
peralatan atau kegiatan untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan penerima
(siswa) dapat melakukan proses pembelajaran dengan baik.
Adapun nilai praktis
dari media pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Media pembelajaran
dapat mengatasi keterbatasan pengealaman
siswa.
2. Media
pembelajaran dapat meningkatkan terjadinya interaksi antara peserta didik dengn
lingkugan.
3. Media dapat
menghasilkan keseragaman pengamatan.
4. Dapat
mengatasi batas ruang kelas.
5. Media dapat
menanamkan konsep dasar yang tepat, nyata dan benar
6. Dapat
membangkitkan motivasi, minat, dan
merangsang peserta didik untuk belajar lebih baik.
7. Media dapat
mengontrol kecepatan belajar siswa
8. Media dapat memberikan
pengalaman yang menyeluruh dari hal-hal
yang konkrit sampai yang abstrak.
Prinsip pengunaan media pembelajaran
1. Media yang
digunakan oleh guru harus sesuai dan diarahkan untuk mencapi tujuan
pembelajaran
2. Media yang
digunakan harus sesuai dengan materi pembelajaran
3. Media
pembelajaran harus sesuai dengan minat,ketekunan,dan kondisi siswa
4. Media yang
digunakan harus memperhatikan afektivitas dan efesien
5. Media yang
digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoperasikanya.[4]
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan dari nilai praktis
media pembelajaran adalah:
o Media pembelajaran
dapat mengatasi keterbatasan pengealaman
siswa.
o Media pembelajaran dapat meningkatkan
terjadinya interaksi antara peserta didik dengan lingkungan.
o Media dapat
menghasilkan keseragaman pengamatan.
o Dapat mengatasi
batas ruang kelas.
o Media dapat
menanamkan konsep dasar yang tepat, nyat a dan benar
o Dapat
membangkitkan motivasi, minat, dan
merangsang peserta didik untuk belajar lebih baik.
o Media dapat
mengontrol kecepatan belajar siswa
o Media dapat
memberikan pengalaman yang menyeluruh
dari hal-hal yang konkrit sampai yang abstrak.
Adapun prinsip media pembelajaran adalah:
1. Media yang
digunakan oleh guru harus sesuai dan diarahkan untuk mencapi tujuan
pembelajaran.
2. Media yang
digunakan harus sesuai dengan materi pembelajaran.
3. Media
pembelajaran harus sesuai dengan minat,ketekunan,dan kondisi siswa
4. Media yang
digunakan harus memperhatikan afektivitas dan efesien
5. Media yang
digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoperasikanya.[5]
C. Pembelajaran
Efektif dengan Memfungsikan Media Pembelajaran
Dari beberapa pengertian di atas, pembelajaran efektif
dengan memfungsikan media pembelajaran memiliki keterkaitan yang sangat erat,
dimana pembelajaran akan sangat efektif dengan difungsikannya media
pembelajaran.
Seperti dalam
pembahasan sebelumnya, bahwa keberhasilan pembelajaran salah satu pendukungya
adalah dengan tersedianya media pembelajaran. Karena dengan media pembelajaran
akan lebih memperjelas dan lebih memperdalam pemahaman siswa.
Suatu misal dalam suatu kelas terdapat materi tentang
kehidupan makhluk hidup di dasar laut, tidaklah mungkin guru membimbing
siswa langsung menyelam ke daras lautan
untuk mempelajari makhluk hidup disana,
selain itu, apabila hanya menggunakan metode ceramah, kemungkinan besar siswa
akan memiliki persepsi/pandanagn yang
berbeda, yang beragam dari penjelasan guru, kemungkinan ada dari siswa yang
belum pernah ke laut, ada dari siswa yang belum pernah melihat biota laut
seperti tarumbu karang, rumput laut, sehingga menimbuklan perbedaan pemahaman
yang pada akhirnya hasil yang dicapai kurang maksimal dan kurang dari tujuan
pembelajaran hal ini secara tiak langsung mengurangi ke efektifan proses
pembelajaran. Siswa kurang minat terhdap materi Karena keterbatasan sarana
prasarana/media, serta yang diperoleh hanyalah teori. Sedangkan pembelajaran
yang efektif merupakan pembelajaran yang merujuk pada kesesuaian antara
konteks, input, output serta hasil pembelajaran.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan, pembelajaran
lebih efektif dengan memfungsikan media
pembelajaran, karena akan lebih mudahnya siswa dalam memahami dam memperdalam
mteri yang disampaikan serta untuk membuat keseragaman pemahaman sehingga hasil
yang dicapai bisa maksimal serta meningkatkan produktifitas dan kompetensi
siswa.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
a.
Pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang berorientasi pada program
pembelajaran berkenaan dengan usaha mempengaruhi , member efek, yang dapat
membawa hasil sesuai sesuai dengan
tujuan maupun proses yang ada di dalam pembelajaran itu sendiri.
b. Pengertian
media pembelajaran adalah segala sesuatu
yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan
dari sumber, bak berupa orang, bahan, peralatan atau dan benarkegiatan untuk menciptakan kondisi
yang memungkinkan penerima(siswa)dapat melakukan proses pembelajaran dengan
baik.
c. Nilai
praktis media pembelajaran adalah
o Media pembelajaran
dapat mengatasi keterbatasan pengealaman
siswa.
o Media pembelajaran
dapat meningkatkan terjadinya interaksi antara peserta didik dengn lingkugan.
o Media dapat
menghasilkan keseragaman pengamatan.
o Dapat mengatasi
batas ruang kelas.
o Media dapat
menanamkan konsep dasar yang tepat, nyat a dan benar
o Dapat
membangkitkan motivasi, minat, dan merangsang
peserta didik untuk belajar lebih baik
o Media dapat
mengontrol kecepatan belajar siswa
o Media dapat
memberikan pengalaman yang menyeluruhdari hal-hal yang konkrit sampai yang
abstrak
d. Prinsip media pembelajaran adalah
· Media yang digunakan oleh guru harus sesuai
dan diarahkan untuk mencapi tujuan pembelajaran
· Media yang
digunakan harus sesuai dengan materi pembelajaran
· Media
pembelajaran harus sesuai dengan minat,ketekunan,dan kondisi siswa
· Media yang digunakan harus memperhatikan
afektivitas dan efesien
· Media yang
digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoperasikanya.
e.
Pembelajaran lebih efektif dengan
memfungsikan media pembelajaran, karena akan lebih mudahnya siswa dalam
memahami dam memperdalam mteri yang disampaikan serta untuk membuat keseragaman
pemahaman sehingga hasil yang dicapai bisa maksimal serta meningkatkan
produktifitas dan kompetensi siswa.
0 komentar:
Posting Komentar