Pernahkan anda memanfaatkan media audio dan radio dalam pembelajaran
di kelas? Kalau jawaban anda belum pernah, maka cobalah manfaatkan ponsel yang
anda punyai untuk memanfaatkannya. Rata-rata ponsel sekarang ini sudah
dilengkapi dengan peralatan audio, radio, dan video. Anda dapat merekam suara
dan aktivitas anda melalui ponsel itu.
Kebetulan sekali saya sudah memiliki blackberry Curve.
Bersama Berlian anak kedua saya yang kelas 4 SD, saya merekam suara kami sambil
bernyanyi. Hasilnya sungguh luar biasa. Suara kami ternyata dapat mengguncang
dunia. Siapapun yang mendengarnya
pastilah akan tersenyum dan tertawa. Maklumah belum terpilih menjadi finalis
Indonesian Idol, hehehe.
Saat-saat belajar di kelas, coba deh para guru memanfaatkan
media audio dan radio dalam pembelajaran. Tapi kedua media ini masih ada kelemahannya
loh, dan itulah yang membuat saya terinspirasi untuk memberikan soal essay
untuk para mahasiswa/i saya di jurusan PGSD Universitas terbuka. Mau tahu
pertanyaannya?
Soal Essay Pemanfaatan Media Audio dalam Pembelajaran
Jelaskan fungsi dan manfaat media audio dalam pembelajaran
di sekolah!
Jelaskan fungsi dan manfaat media radio dalam pembelajaran
di sekolah!
Dapatkah anda membayangkan untuk mata pelajaran apa
kira-kira lagu Ebiet G. Ade yang berjudul “Berita Kepada Kawan” diterapkan di
kelas anda?
Sebuatkan 4 bentuk pemanfaatan audio menurut Rowntree
(1994), dan jelaskan secara singkat!
Sebutkan, dan jelaskan secara ringkas 6P yang dibuat oleh
Heinich (1966) dalam memberikan beberapa petunjuk pemanfaatan program audio!
Salah satu kekuatan utama media radio
adalah………………………………………………………………………..
Contoh kompetensi
pembelajaran yang sulit untuk digambarkan melalui program radio antara
lain adalah……………………………………………………………….
Pemanfaatan media radio kurang tepat ditujukan bagi siswa SD
di kelas rendah karena siswa kelas 1-3 SD…………………………………………………………………………..
Rancangan yang menarik diperlukan dalam program radio,
karena…………………………………………….
Informasi terbaru sangat cocok disiarkan melalui radio,
karena………………………………………………….
Keluwesan penggunaan program radio terwujud dalam
pemanfaatan program yang dapat ………………………………………………
Program yang disiarkan di radio harus didengarkan pada waktu
yang sama merupakan …………………..dari media radio
Media radio sangat potensial untuk digunakan sebagai sumber
belajar, karena………………………………………………………………………………………………………
Di antara kelemahan yang dapat muncul dalam memanfaatkan
radio adalah media ini bersifat…………………..yang memungkinkan cepat
menimbulkan……………………………………………………
Mata pelajaran apa saja yang sangat bermanfaat bagi murid
bila bila disajikan dalam bentuk format program
radio…………………………………………………………………………………………………………………
Semoga bisa dijawab oleh mereka, karena pertanyaan ini
sifatnya open book, dan dapat dilihat jawabannya di buku paket komputer dan
media pembelajaran. Sampai nanti ya!
0 komentar:
Posting Komentar