Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

MEDIA AUDIO DALAM PEMBELAJARAN

  • Minggu, 30 Juni 2013
  • Unknown
  • Pernahkan anda memanfaatkan media audio dan radio dalam pembelajaran di kelas? Kalau jawaban anda belum pernah, maka cobalah manfaatkan ponsel yang anda punyai untuk memanfaatkannya. Rata-rata ponsel sekarang ini sudah dilengkapi dengan peralatan audio, radio, dan video. Anda dapat merekam suara dan aktivitas anda melalui ponsel itu.

    Kebetulan sekali saya sudah memiliki blackberry Curve. Bersama Berlian anak kedua saya yang kelas 4 SD, saya merekam suara kami sambil bernyanyi. Hasilnya sungguh luar biasa. Suara kami ternyata dapat mengguncang dunia.  Siapapun yang mendengarnya pastilah akan tersenyum dan tertawa. Maklumah belum terpilih menjadi finalis Indonesian Idol, hehehe.

    Saat-saat belajar di kelas, coba deh para guru memanfaatkan media audio dan radio dalam pembelajaran. Tapi kedua media ini masih ada kelemahannya loh, dan itulah yang membuat saya terinspirasi untuk memberikan soal essay untuk para mahasiswa/i saya di jurusan PGSD Universitas terbuka. Mau tahu pertanyaannya?

    Soal Essay Pemanfaatan Media Audio dalam Pembelajaran

    Jelaskan fungsi dan manfaat media audio dalam pembelajaran di sekolah!
    Jelaskan fungsi dan manfaat media radio dalam pembelajaran di sekolah!
    Dapatkah anda membayangkan untuk mata pelajaran apa kira-kira lagu Ebiet G. Ade yang berjudul “Berita Kepada Kawan” diterapkan di kelas anda?
    Sebuatkan 4 bentuk pemanfaatan audio menurut Rowntree (1994), dan jelaskan secara singkat!
    Sebutkan, dan jelaskan secara ringkas 6P yang dibuat oleh Heinich (1966) dalam memberikan beberapa petunjuk pemanfaatan program audio!
    Salah satu kekuatan utama media radio adalah………………………………………………………………………..
    Contoh kompetensi  pembelajaran yang sulit untuk digambarkan melalui program radio antara lain adalah……………………………………………………………….
    Pemanfaatan media radio kurang tepat ditujukan bagi siswa SD di kelas rendah karena siswa kelas 1-3 SD…………………………………………………………………………..
    Rancangan yang menarik diperlukan dalam program radio, karena…………………………………………….
    Informasi terbaru sangat cocok disiarkan melalui radio, karena………………………………………………….
    Keluwesan penggunaan program radio terwujud dalam pemanfaatan program yang dapat ………………………………………………
    Program yang disiarkan di radio harus didengarkan pada waktu yang sama merupakan …………………..dari media radio
    Media radio sangat potensial untuk digunakan sebagai sumber belajar, karena………………………………………………………………………………………………………
    Di antara kelemahan yang dapat muncul dalam memanfaatkan radio adalah media ini bersifat…………………..yang memungkinkan cepat menimbulkan……………………………………………………
    Mata pelajaran apa saja yang sangat bermanfaat bagi murid bila bila disajikan dalam bentuk format program radio…………………………………………………………………………………………………………………

    Semoga bisa dijawab oleh mereka, karena pertanyaan ini sifatnya open book, dan dapat dilihat jawabannya di buku paket komputer dan media pembelajaran. Sampai nanti ya!

    0 komentar:

    Posting Komentar