Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

MEDIA AUDIO DALAM PEMBELAJARAN PAI

  • Minggu, 30 Juni 2013
  • Unknown
  •             Media audio adalah media yang berbasis suara yaitu media yang hanya dapat didengar saja, seperti : kaset audio, radio, MP3 Player, tape Recorder.

                Karakteristik media audio umumnya berhubungan dengan segala kegiatan melatih keterampilan yang berhubungan dengan aspek-aspek keterampilan mendengarkan. Dari sisi kognitif, media audio dapat digunakan untuk mengajarkan beberapa prinsip dan aturan. Dari sisi afektif, media audio dapat menciptakan suasana pembelajaran, dan dari sisi psikomotorik media audio dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan verbal.
    Kalau digolongkan atau dikalsifikasikan kecakapan-kecakapan yang bisa capai meliputi hal-hal sebagai berikut:

    ·         Pemusatan perhatian dan mempertahankan pemusatan perhatian. Sebagai contoh siswa ditugasi untuk menghitung kata-kata tertentu dari apa yang terungkap dalam suatu paragraf yang didengar
    ·         Mengikuti pengarahan. Siswa mendengarkan suatu pernyataan singkat yang selanjutnya siswa harus menandai satu pernyataan yang paling cocok dari beberapa pernyataan pilihan jawaban

    ·         Digunakan untuk melatih daya analisis siswa dari apa yang mereka dengar. Siswa mendengarkan satu kalimat atau satu frase kalimat, kemudian mereka menirukannya
    ·         Perolehan arti dari suatu konteks. Siswa harus menyempurnakan kalimat yang terdiri atas beberapa kata yang artinya bisa jelas setelah menyempurnakan kalimat itu dalam suatu konteks tertentu.
    ·         Memisahkan kata atau informasi yang relevan dan tidak relevan
    ·         Mengingat dan mengemukakan kembali ide atau bagian-bagian dari cerita yang mereka dengar.
                Pemanfaatan media audio dalam pembelajaran digunakan terutama dalam kegiatan pembelajaran seperti berikut:
    §  Pembelajaran bahasa asing, apakah secara audio atau audio visual
    §  Pembelajaran music literacy (pembacaan sajak) dan kegiatan dokumentasi
    §  Pembelajaran melalui radio atau radio pendidikan
    §  Paket-paket pembelajaran untuk berbagai jenis materi yang memungkinkan siswa dapat melatih daya  penafsirannya dalam suatu bidang studi.
                Sebagai salah satu contoh dari bentuk media audio, radio adalah media audio elektronik yang telah digunakan untuk kepentingan pembelajaran.  Di antara program radio untuk pembelajaran adalah program siaran radio pendidikan. Penggunaan media radio untuk tujuan kegiatan pembelajaran memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:
    §  Memberikan berita yang up to date
    §  Menarik minat, karena ia menyajikan masalah kehidupan sehari-hari dan disampaikan dengan cara yang menyenangkan
    §  Beritanya otentik, karena memberikan keterangan-keterangan yang sebenarnya, asli dan dapat dipercaya
    §  Berdasar pada kenyataan dan memberikan gambaran yang jelas, rinci dan penting
    §  Mempunyai tujuan yang luas, karena semua golongan dalam masyarakat dapat mengemukakan pendapatnya secara bebas.
    §  Memberikan gambar yang jelas, karena ia memberikan latar belakang yang lengkap tentang suatu peristiwa atau ide baru
    §  Mendorong kreativitas anak didik dalam bidang musik, drama, sajak, dan sebagainya
    §  Integrasi dan kriminasi. Radio dapat berpengaruh terhadap pembentukan pribadi seseorang, menimbulkan social adjustment, dan hal ini penting bagi pembentukan seorang warga negara yang baik.


    Secara khusus, pemanfaatan media audio dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dapat digunakan seperti untuk belajar membaca al-qur’an. Guru dapat memanfaatkan kaset tape recorder tentang bacaan-bacaan ayat alqur’an. Sehingga siswa akan dapat tertarik untuk mendengarkan bacaan tersebut, karena yang membacakannya adalah orang yang telah memiliki kualifikasi seperti Qori’ nasional dengan bacaan yang fashih dan alunan suara yang indah. Dengan demikian siswa akan merasa tenang dan senang serta tertarik untuk memperhatikan apa yang dibacanya.

    0 komentar:

    Posting Komentar