Media audio adalah media yang berbasis suara yaitu media
yang hanya dapat didengar saja, seperti : kaset audio, radio, MP3 Player, tape
Recorder.
Karakteristik media audio umumnya berhubungan dengan segala kegiatan
melatih keterampilan yang berhubungan dengan aspek-aspek keterampilan
mendengarkan. Dari sisi kognitif, media audio dapat digunakan untuk mengajarkan
beberapa prinsip dan aturan. Dari sisi afektif, media audio dapat menciptakan
suasana pembelajaran, dan dari sisi psikomotorik media audio dapat digunakan
untuk mengajarkan keterampilan verbal.
Kalau digolongkan atau dikalsifikasikan kecakapan-kecakapan
yang bisa capai meliputi hal-hal sebagai berikut:
· Pemusatan
perhatian dan mempertahankan pemusatan perhatian. Sebagai contoh siswa ditugasi
untuk menghitung kata-kata tertentu dari apa yang terungkap dalam suatu
paragraf yang didengar
· Mengikuti
pengarahan. Siswa mendengarkan suatu pernyataan singkat yang selanjutnya siswa
harus menandai satu pernyataan yang paling cocok dari beberapa pernyataan
pilihan jawaban
· Digunakan
untuk melatih daya analisis siswa dari apa yang mereka dengar. Siswa mendengarkan
satu kalimat atau satu frase kalimat, kemudian mereka menirukannya
· Perolehan
arti dari suatu konteks. Siswa harus menyempurnakan kalimat yang terdiri atas
beberapa kata yang artinya bisa jelas setelah menyempurnakan kalimat itu dalam
suatu konteks tertentu.
· Memisahkan
kata atau informasi yang relevan dan tidak relevan
· Mengingat
dan mengemukakan kembali ide atau bagian-bagian dari cerita yang mereka dengar.
Pemanfaatan media audio dalam pembelajaran digunakan terutama dalam
kegiatan pembelajaran seperti berikut:
§ Pembelajaran bahasa
asing, apakah secara audio atau audio visual
§ Pembelajaran music
literacy (pembacaan sajak) dan kegiatan dokumentasi
§ Pembelajaran
melalui radio atau radio pendidikan
§ Paket-paket
pembelajaran untuk berbagai jenis materi yang memungkinkan siswa dapat melatih
daya penafsirannya dalam suatu bidang
studi.
Sebagai
salah satu contoh dari bentuk media audio, radio adalah media audio elektronik
yang telah digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Di antara program radio untuk pembelajaran
adalah program siaran radio pendidikan. Penggunaan media radio untuk tujuan
kegiatan pembelajaran memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:
§ Memberikan berita
yang up to date
§ Menarik minat,
karena ia menyajikan masalah kehidupan sehari-hari dan disampaikan dengan cara
yang menyenangkan
§ Beritanya otentik,
karena memberikan keterangan-keterangan yang sebenarnya, asli dan dapat
dipercaya
§ Berdasar pada
kenyataan dan memberikan gambaran yang jelas, rinci dan penting
§ Mempunyai tujuan
yang luas, karena semua golongan dalam masyarakat dapat mengemukakan
pendapatnya secara bebas.
§ Memberikan gambar
yang jelas, karena ia memberikan latar belakang yang lengkap tentang suatu peristiwa
atau ide baru
§ Mendorong
kreativitas anak didik dalam bidang musik, drama, sajak, dan sebagainya
§ Integrasi dan
kriminasi. Radio dapat berpengaruh terhadap pembentukan pribadi seseorang,
menimbulkan social adjustment, dan hal ini penting bagi pembentukan seorang
warga negara yang baik.
Secara khusus, pemanfaatan media audio dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam adalah dapat digunakan seperti untuk belajar membaca
al-qur’an. Guru dapat memanfaatkan kaset tape recorder tentang bacaan-bacaan
ayat alqur’an. Sehingga siswa akan dapat tertarik untuk mendengarkan bacaan
tersebut, karena yang membacakannya adalah orang yang telah memiliki
kualifikasi seperti Qori’ nasional dengan bacaan yang fashih dan alunan suara
yang indah. Dengan demikian siswa akan merasa tenang dan senang serta tertarik
untuk memperhatikan apa yang dibacanya.
0 komentar:
Posting Komentar